SEJARAH EMOTICON


Anda pasti sudah tidak asing dengan yang satu ini. Si senyum atau smiley atau emoticon (bahasa emosi) sudah menjadi bahasa sehari-hari dalam pertemanan via chatting, email, messenger ataupun di SMS. Tapi tahukah anda bagaimana sejarah emoticon?

Emoticon berasal dari kata emotion dan icon yang berarti lambang emosi secara verbal. Emoticon menggambarkan beragam emosi jika dilihat dari samping. Misal, :) untuk wajah tersenyum.

Smiley digagas dan digunakan pertama kali oleh Scott Fahlman dari Universitas Carnegie Mellon, Pittsburg, USA. Begini pesan emoticon pertamanya, "I propose that the following character sequence for joke markers :). Read it sideways."

Pesan ini hampir saja hilang, namun akhirnya bisa ditemukan oleh peneliti Microsoft dan staff Universitas Carnegie Mellon, pada sebuah backup tape yang tercatat direkam pada Oktober 1982. Pesan ini sendiri dikirim pada 19 September 1982.

Kini emoticon kian populer. Emosi yang digambarkannya pun semakin banyak dan beragam. Dengan smiley, pesan tak lagi hambar. Thank's Mr. Fahlman. :)

4 komentar:

Zico Alviandri December 22, 2009 at 10:21 AM

Yeah.. mr Fahlman udah berhasil menjadi trendsetter. Sedangkan kita hanyalah trend follower :D

Anonymous December 22, 2009 at 12:03 PM

selamat pageee
hehehe
selamat hari ibu yah
owh sejarahnya gitu..hehehe akhirnya g cuma make aja nicch hehe

Sughus December 22, 2009 at 12:39 PM

Thank u nih infonya .... selama ini cuma bisa pake :)

rachmadi December 23, 2009 at 5:52 PM

Informasinya bermanfaat sekali. Terima kasih.